Para Pionir Dodol Garut

Dodol Garut sudah terkenal ke seantero Indonesia di era tahun 1930an. Ada dua pabrik dodol yang masyhur pada masa-masa awalnya, yaitu pabrik dodol “Nyi Mamah” dan “Nyi Hadijah”. Kedua pabrik ini didirikan pada tahun 1930. Produksi dodol mereka sudah dipasarkan di pasar Gambir pada tahun 1933.

Surat kabar Pemandangan (1940) mengabarkan dodol Garut terkenal karena rasanya yang legit. Iklan dodol Garut pun sudah tersiar di radio-radio. “Dodol-dodol-dodol, legit rasanja!” demikian kira2 boenji soeara dalam radio jang diambil dari piringan hitam. Begitu ditulis dalam Pemandangan.

Dalam artikel berjudul “Dodol Garoet, Legit rasanja!” itu, surat kabar Pemadangan memuat gambar foto para pionir dodol Garut. Dalam keterangannya disebutkan, nomor 1 itu adalah tuan Masri, eigenaar (pemilik) paberik Dodol-Garoet “Nji Mamah”. Nomor 2, tuan Soeriawinata, eigenaar (pemilik) paberik Dodol-Garoet “Nji Hadidjah”, dan no. 3 adalah tuan N. Mohd. Alie, hoofdagent (agen utama) kedoea paberik tsb. di Kepoe Oost 290, Bat-C., jang mengoeroes pengiriman keloear Djawa.

Perintis dodol

Para perintis dodol Garut. (Sumber: Perpusnas)

Pasca kemerdekaan muncul generasi baru pengusaha dodol Garut, H. Iton Damiri, yang di kemudian hari terkenal dengan menggunakan merek “Picnic”. Dari segi nama, penggunaan merek ini berbeda dengan kebiasaan sebelumnya, yaitu menggunakan nama perempuan yang mempunyai ikatan keluarga dengan pengusaha dodol. “Picnic” pun semula menggunakan merek “Halimah dan “Fatimah”. H. Iton Damiri merintis perusahaan dodol “Picnic” sejak tahun 1949. Semula mengeluarkan merek “Halimah”. Pada tahun 1950 mengeluarkan merek baru “Fatimah”. Pada tahun 1955 perusahaan terus melakukan perbaikan, pengembangan produk dan kemasan yang lebih baik serta perluasan pemasaran yang meliputi kota-kota besar di Pulau Jawa, hingga kemudian mendapatkan nama “Picnic” sebagai merek dodolnya.

[MS.NaratasGaroet.2018]

One thought on “Para Pionir Dodol Garut

  1. hatur nuhun, informasi yang bermanfaat, supaya generasi selanjutnya teu pareumeun obor, izin share ya

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s